Ulasan Ekonomi Mingguan

  • IDR masih berpotensi menguat karena modal asing masih mengalir ke pasar Indonesia ketika pilihan investasi global semakin terbatas dengan berbagai isu di Amerika Serikat, Uni Eropa, Cina. Potensi tersebut masih membuka kesempatan penguatan IDR tetapi juga tidak menutup kemungkinan pelemahan. Kisaran IDR untuk minggu ke-2 Juli ini antara Rp.8.500 s.d Rp.8.600 per USD.
  • Kebijakan moneter menunjukkan ekspansi karena meningkatnya cadangan devisa dan turunnya posisi operasi pasar terbuka (OPT). Likuiditas rupiah yang berlimpah di pasar uang membuat suku bunga BI rate masih bsia bertahan rendah. BI rate bisa bertahan di 6,75% sampai akhir tahun 2011.
  • Hasil survei BI untuk indeks keyakinan konsumen (IKK) pada bulan Juni menunjukkan peningkatan yang didukung oleh naiknya dua indeks pembentuk yaitu indeks kondisi ekonomi saat ini (IKE) dan indeks ekspektasi ekonomi 6 bulan mendatang (IEK). Dan untuk pertama kalinya ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja pada IEK menembus level optimis diatas 100.