Ulasan Ekonomi Mingguan

  • Tekanan global membuat IDR melemah tetapi modal asing masih terus menunjukkan peningkatan. Dalam bulan Juli kepemilikan asing pada SUN, Saham dan SBI tercatat mencapai US$1,96 miliar. Dari sejumlah tersebut 76% disumbangkan oleh kepemilikan asing di SUN. Dalam minggu ini, IDR akan cenderung bergerak dalam kisaran lebar antara Rp.8.490 s.d Rp.8.560 per USD.
  • Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan ke-2 2011 tumbuh 2,9% atau 6,5%, lebih tinggi dibandingkan triwulan ke-1 yang tercatat 1,59% qtq atau 6,5% yoy. Pertumbuhan ekonomi ini berpotensi meningkat seiring dengan membaiknya investasi dan ekspor. Apalagi jika pemerintah bisa mewujudkan MP3EI, maka pertumbuhan ekonomi akan bisa mencapai 7%. Kami masih mempertahankan perkiraan pertumbuhan ekonomi di 6,6% untuk tahun 2011
  • Survei yang dilakukan oleh BPS untuk indeks tendensi bisnis dan konsumen pada triwulan ke-2 menunjukkan persepsi yang semakin menguat terhadap perekonomian Indonesia.  Sementara itu prospek pada triwulan ke-3 juga masih menunjukkan peningkatan. Hasil survei BPS ini sejalan dengan survei BI untuk Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) untuk bulan Juli. Konsumen mempunyai keyakinan optimis yang meningkat untuk ekonomi 6 bulan mendatang terutama karena meningkatnya penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja.
  • Kebijakan moneter pada bulan Juli tercatat ekspansi 2,5% mom karena meningkatnya permintaan uang terkait dengan faktor musim dan masih derasnya aliran modal asing ke pasar uang Indonesia. Ekspansi juga didukung dengan realisasi anggaran yang meningkat, karena gaji ke-13 PNS yang diberikan pada bulan Juli lalu.