Ulasan Ekonomi Harian

  • Sentimen negatif pasar mungkin berlanjut hari ini, setelah semalam pasar AS dan Eropa ditutup turun tajam. Yen dibuka menguat, kemungkinan bisa menular ke IDR. Kami masih memperkirakan IDR bergerak dalam rentang yang lebar antara Rp.8.510 s.d Rp.8.550 per USD pada hari ini. Hari ini RDG BI, kemungkinan BI rate akan tetap di 6,75%.
  • Keputusan S&P menurunkan peringkat utang AS berpotensi menimbulkan krisis susulan dan memperburuk situasi ditengah kegamangan pasar keuangan global saat ini. Kebijakan ECB membeli surat utang Itali dan Spanyol tidak berhasil mengurangi kekawatiran investor. Harapan tinggal pada keputusan FOMC the Fed 9 Agustus ini, yang diharapkan dapat mengembalikan keyakinan investor.
  • Kerusuhan di London dikawatirkan memperparah  ketidakpastian global.
  • Pemerintah melalui Menteri BUMN menyatakan telah menyiapkan pertahanan 3 lapis untuk mengurangi tekanan jual di pasar khususnya di pasar obligasi yaitu 1). Menggunakan intervensi di cadangan devisa; 2). Melakukan pembelian kembali ketika harga turun; 3). Menggelontorkan sejumlah dana dari 13 BUMN.
  • Dalam jangka pendek, investor akan pegang tunai dan ”wait and see” tetapi 1-3 bulan mendatang investor akan masuk kembali ke emerging market termasuk ke Indonesia.